Pemanfaatan Lahan





Halo temen temen semua, gimana kabarnya ? semoga sehat selalu ditengeh pandemi covid 19 ini. Dalam kesempatan ini saya ingin membagi  tips dan sedikit cerita tentang pemanfaatan lahan sempit agar mendapat keuntungan yang maksimal. Tentunya keuntungan finansial untuk dijual maupun keuntungan yang di gunakan uantuk keluarga kita sendiri. Dan tentunya juga sangat mudah dan tidak harus orang yang pengalaman yang mengerjakannya.
Bermanfaatnya lahan sempit merupakan dambaan dari setiap orang. Tidak hanya orang  pandai dan parofesional tetapi orang yang ulet dan kreatif pun juga bisa memanfaatkan apa yang ada, apalagi dalam keadaan seperti ini. Dalam keadaan covid 19 banyak usaha yang mengalami kebangrutan atau kesulitan dalam pembiayaan usahanya. Imbasnya pastinya penghasilan keluarga menurun dan hasilnya kita kekurangan asupan gizi dalam kehidupan sehari hari kita. Hal ini merupakan alasan kenapa saya ingin membantu untuk temen teman semua untuk bisa memanfaatkan lahan sempt di rumah masing masing.
Berikut ini merupakan cara memanfaatan lahan sempit :



1.            menanam sayuran organik


            Diurutan pertama yaitu menanam sayuran organik, mungkin sudah tidak asing untuk temen temen semua terkait pemanfaatan lahan dengan cara menanam sayuran organik. Dalam penanaman sayur organik ini terdapat lagi beberapa cara didalamnya, diantaranya sebagai berikut :
  • Penggunaan plastik polybag

Penggunaan plastik polybag merupakan cara yang paling simpel karena mudah untuk di praktikan dan mudah untuk pengaplikasiannya hanya bermodal plastik diisikan media yang terdirui dari tanah ditambah pupuk kita langsung bisa menjadi media penanaman sangat. Untuk cara cara yang lebih lengkap saya akan bahas di kesempatan berikutnya. Dari pengalaman saya sendiri Dalam penggunaan plastik polybag ini mempunyai kurang diantaranya, kurang maksimalnya dalam penghematan tempat karena untuk sistem ini kita membutuhkan ruang yang cukup lebar untuk media tumbuhannya.


Tetapi penggunaan palstoik polybag ini  bisa menjadi pilihan untuk temen temen yang ingin mendapat kemudahan dalam berkebun dan hemat budget. hehe
  • Penggunaan sistem Hidroponik
Penggunaan sistem hidroponik merupakan sistem yang paling populer di masyarakat. karena banyak yang sudah memberikan ilmu di internet ataupun dengan offline. Sistem hidroponik ini merupakan cara yang cukup terkenal dengan keorganikan dan menjadi sistem dengan trobosan utama untuk lahan yang sempit serta penggunaan sistem terbarukan. Tetapi lagi lagi dalam sistem ini saya menemui hal hal yang kurang maksimal didalamnya dan ditambah keluhan dari temen teman tentang sistem ini, diantaranya keluhan terkait dengan budget. Budget merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita karena menjadikan sitem yang yang hebat malah tidak efisien dengan pendanaan hariannya. Dalam pemanfaatan sistem ini bnyak menggunakan listrik yang paling besar dalam menggunakan pompa untuk mengaliri media media tanamnya.
Tetapi sistem cocok kok buat kalian yang budgetnya agak menenggah keatas dan sangat kreatif. Sistem ini juga bisa kok di modifikasi sesuai keinginan kita, seperti bisa menggunakan panel surya untuk menurunkan budget listrik atau dengan penggunaan air tidak mengalir. Hehe
  •   Sistem aquaponik
    Sistem Aquaponik Sistem ini merupakan sistem pengembangan dari sistem hidroponik. Seperti yang saya bilang diatas tadi bahwa sistem hidroponik bisa dimodifikasi ini merupakan hasil modifikasi sistem hidroponik. Beda dari kedua sistem itu yaitu dari nutrisi yang diberikan, untuk nutrisi hidroponik menggunakan nutrisi yang diberikan secara terpisah melalui air, sedangkan aqua ponik menggabungkan sistem pemeliharaan ikan jadi untuk nutrisinya didapatkan dengan sendirinya memanfaatkan kotoran ikan yang akan terurai dengan sendirinya dan menjadikanya menjadi nutrisi untuk tanaman diatasnya.

Sistem ini sanggat cocock untuk lahan yang sempit dikarenakan dalam satu kali jalan kita bisa mendapatkan dua keuntungan. Pertama dari keuntungan sayurannya dan kedua keuntungan dari pemeliharaan ikan dibawahnya. Sistem aquaponik ini juga mampu untuk mempercepat pertumbuhan tanaman karena dengan memaksa tanaman untuk menyerap nutrisi didalam kolam sebanyank mungkin, sehingga menghasilkan hasil yang lebih optimal dalam waktu yang cepat. Sistem ini juga merupakan sistem yang sangat direkomendasikan karena kita menghemat pengeluaran dengan hasil yang maksimal didalamnya. Saya juga akan bahas terkait sistem ini kok dikesempatan berikutnya.

                     2.        Budidaya hewan hewan produktif
Langkah yang tepet selanjutnya yaitu memelihara hewan hewan produktif. Hewan hewan produktif ini juga sangat bisa mendongkrak dalam pemanfaatan lahan sempit dirumah. Hewan hewan ini tentunya sangat mudah untuk di pelihara dan dalam makanannya bisa memanfaatkan makanan sisa dari keluarga tentunya juga harus ditambah vitamin vitamin untuk hasil yang lebih maksimal lagi.
Demikian hewan hewan produktif apa saja yang cocok di pelihara di lahan sempit pilihan blog ini:

a.       Budidaya Unggas Ayam


 Dalam hal ini ayam merupakan primadona yang paling digemari oleh para penggiat lahan kosong untuk di budidayakan. Karena tidak hanya hasil yang diperoleh memuaskan dan ditambah cara pemeliharaan yang cukup mudah.






b.      Bubidaya Unggas Bebek

Hewan produktif selanjutnya yaitu bebek, bebek merupakan hewan yang sangat mudah untuk kita pelihara tidak hanya mudah untuk makanya juga sangat mudah untuk poerawatannya. Ditambah bebek merupakan hewan yang sangat produktif dimana bebek bisa menghasilkan telur setiap harinya dan harga jualnya pun sanggat tinggi.

c.       Budidaya ikan lele


Ikan lele merupakan primadona dari hewan yang produktiuf dan bernilai tinggi. Lele juga terkenal dengan ikan yang sangat mudah dalam pakanya, dalam pemeliharaan lele juga bisa digabungkan dengan sistem menanam aquaponik. Hal tersebut dikarenakan lele dapat menghasilkan banyak kotoran yang mana kotoran tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam aquaponik.



Dalam pengaplikasiannya lele tidak membutuhkan lahan yang luas, untuk kolamnuya lele mampu bertahan hidup dengan kolam apapun dan lele juga tidak membutuhkan aerator dan pompa untuk menjalankan air didalam kolam karena lele lebih suka di air yang tenang begitupula dalam proses pengembesarannya lebih cepat dengan air yang berhenti. Karena pembahasan dalam budidaya hewan ini sangat banyak saya akan bahas secara khusus di halaman berikutnya.

d.      Budidaya lalat tentara hitam
Budidaya lalat tentara hitam atau sering disebut lalat BSF mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya. Tetapi kalo kita mengetahuinya cara budidaya lalat tersebut maka temen temen akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Dalam budidaya ini kita memanfaatkan larva dari lalat ini untuk digunakan sebagai makan lalat atau juga bisa di ekspor tentunya bagi yang kapasitas produksinya tinggi.
Dalam budidaya ini kita menjadikan larva sebagai inti budidayanya, hal ini dilakukan karena larva yang mempunyai umur paling lama didalam siklus hidup lalat dan larva ini juga lebih mudah untuk dibuat. Dalam pengaplikasiannya lalat ini bisa digabungkan dengan budidaya ikan dan unggas hal ini dikarenakan larva lalat sangat tinggi protein dan akan menjadikan hewan hewan cepat dalam pertumbuhannya. 

Mungkin itu saja untuk kesempatan kali ini. tentunya masih banyak lagi hal hal yang bisa dilakukan di tempat yang sempit. untuk lebihlanjutnya bisa cek laman lainnya. 
..Terimakasih.. 

Komentar

Posting Komentar